Gn Burangrang dan Situ Lembang

gn.burangrang 2064 M dpl | dari TAD KomandoEksotisme alam dan ragam vegetasi Gunung Burangrang patut dicoba oleh rekan-rekan  pendaki gunung di Indonesia. Dengan ketinggian 2064 M dpl terletak di wilayah Bandung bagian barat dengan medan yang berfariasi menjadikan gunung ini salah satu alternatif lokasi pendakian yang sangat kondusif, baik untuk latihan Mountaineering ataupun hanya sekedar hiking.

Terdapat dua jalur konfensional yang dapat di pergunakan selain jalur-jalur rintisan, pertama dengan menggunakan jalur SPN-Legok Haji dan jalur Komando. Kedua jalur tersebut memiliki karakteristik tersendiri, untuk jalur SPN-Legok Haji relatif pendek, dengan langkah standar tanpa intermezo jalur ini dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 – 1,5 jam. Dari TAD ( Titik Awal Daki ) sampai ke puncak, namun konsekwensinya yaitu jalur nyaris tanpa bonus alias nanjak terus. Sedangkan dengan jalur Komando relatif panjang karena jalur yang memutar, pada jalur ini terdapat banyak bonus sehingga tidak terlalu menyita energi. Untuk sampai ke puncak dengan jalur ini kira-kira dapat ditempuh dengan waktu 1,5 – 2 jam untuk langkah standar. Sedang untuk sumber air sendiri dapat diperoleh di TAD kedua jalur tersebut dengan mudah.

tracking Untuk orientasi, peta yang dapat dipergunakan adalah sheet SAGALAHERANG. Sekedar pemberitahuan, jangan terlalu menganggap enteng gunung ini karena ketinggiannya yang relatif rendah sebab dengan medan yang excellence gunung ini juga biasa dipakai sarana latihan oleh pihak KOPASSUS serta rekan-rekan dari perhimpunan pecinta alam di wilayah Bandung. Untuk perijinan pendakian ( jika dirasa perlu) dapat diperoleh di polsek cisarua.

Sepanjang jalur lintasan terdapat beberapa Shelter, namun tidak berupa bangunan melainkan hanya pelataran agak luas yang biasa digunakan untuk mendirikan camp. Jika kita memilih jalur SPN-Legok Haji kita bisa menemukan satu situs berupa batu yang lebih mirip kursi yang oleh masyarakat setempat disebut BATU CALIK yang dalam bahasa sunda berarti Batu tempat duduk dan diyakini pernah diduduki oleh Gusti Prabu Kian Santang ( tidak tepat pada jalur lintasan ). Menjelang puncak sebenarnya para pendaki akan dihadapkan beberapa puncak bayangan seperti halnya gunung-gunung lain. Terdapat dua puncak pada gunung burangrang yaitu puncak 1 dan puncak 2, pada puncak 1 terdapat tugu triangulasi Burangrang dengan tiang bendera di sebelahnya, pada pelataran ini kira-kira hanya dua buah tenda yang dapat didirikan, namun jika dirasa kurang kita juga dapat mendirikan tenda di pelataran puncak 2 yang agak luas hanya beberapa meter dari puncak 1.

situ lembang | latar belakang. gn.tangkuban perahu Setelah melakukan pendakian Gn Burangrang, rekan-rekan pendaki bisa terus melanjutkan perjalanan ke sebuah danau yang tepatnya disebut SITU LEMBANG ataupun melanjutkan pendakian Gn Tangkuban Perahu dengan tracking jalur situ lembang serta pendakian Gn Sunda juga dapat diakses lewat jalur ini. Untuk mencapai lokasi Situ Lembang dapat menggunakan jalur Komando dengan menyusuri jalan Makadam ( jalan tanah berbatu ), tracking jalur ini memakan waktu kurang lebih 1,5 – 2 jam dengan jalan kaki, mungkin akan lebih singkat jika kita menggunakan kendaraan pribadi yang support akan medan yang dilalui. Perjalanan tak akan terasa karena jalur yang dipakai membelah hutan pinus, kebun bukaan dan juga vegetasi hutan tropis yang teduh. Menjelang lokasi Situ Lembang suasana mistis dari hutan basah akan sangat terasa, terlebih jika perjalanan dilakukanfroggy_morning pada musim hujan. Segala pengorbanan akan terbayar setiba di lokasi. Kita akan dapat menikmati pemandangan danau yau dikelilingi oleh gunung-gunung ( kurang lebih seperti di film Dawsoncreek lah…segara anak, danau gunung tujuh, ranu kumbolo etc.). Di lokasi ini juga terdapat dermaga, deretan barak-barak KOPASSUS dan Lapangan upacara serta pasilitas latihan militer. Danau ini merupakan sumber air bagi kota Cimahi dan sekitarnya.

Catatan : Pada musim latihan KOPASSUS kita dilarang keras untuk memasuki lokasi Situ Lembang karena dikhawatirkan peluru nyasar. Biasanya kira-kira ½ perjalanan menuju lokasi akan ditempatklan penjaga dari pihak KOPASSUS. Daripada ½ perjalanan yang udah kita tempuh sis-sia, maka disarankan melakukan SOSPED kepada masyarakat di titik awal jalur Komando untuk mengetahui dipakai atau tidaknya lokasi oleh pihak KOPASSUS.

Selamat bertualang, Jangan tinggalkan jejak selain jejak kaki…

Salam Rimba Lestari.

This entry was posted in Outdoors and tagged , . Bookmark the permalink.
Gn Burangrang dan Situ Lembang Diulas oleh Purwasuka Rating: 5

15 Responses to Gn Burangrang dan Situ Lembang

  1. aRai says:

    geus lila tara naek gunung yeuh … ari nempoan gunung mah nepi ka ayeuna masih di keureuyeuh … :D

  2. Frank says:

    naik..naik..ke puncak gunung,gunung tinggi sekali……hehehe

  3. aci says:

    wah…..bagus banget ya viewna. ngan sayangna aku mah takut ketinggian.kalo naik ajak2lah……….. :D

  4. rosa says:

    wooouuu……subhanalloh….takjub bener ciptaanNya…btw seumur hidup blm pernah tuh mendaki gunung…

  5. Hendra Lesmana says:

    > arai : hayu ah iraha kang naek bareng? ah ilaing mah nempoan gunung kembar encik2 di kantor wae meureun nyak :D

    > frank : hehehe hehehe….

    > aci : kalo dah nyoba pasti bikin ketagihan, ada kerinduan yang susah diungkapkan dengan sekedar kata hihi

    > rosa : yups, cobain deh sekali kali naek gunung, kita bakal merasa gak ada artinya apa2 bila dibanding dengan keindahan itu, halah.

  6. Yanti Wyant says:

    Duh janten sono pisan ka BDG, janten hoyong uih…..tapi iraha nya??? :D

    …..janten emut jaman baheula sok ngiring hiking :)

  7. milla-Ferrari says:

    wwwihhhhhh keren bin bagus banget pemandangannya….aku suka udara pegunungan…kapan2 ajak dongggg…. :D

  8. FS_tutorial says:

    wah asik tuh naek gunung…kalo k jatim bs sama2 k semeru

  9. firman says:

    dah … bertahun-tahun gak naek gunung :)

  10. Hendra Lesmana says:

    > Yanti : muhun teh leres, hayu atuh
    > milla : ya begitu lah mill, yoa kapan-kapan aku ajak.

    > FS Tutorial : oh siap kita kondisikan next time bro :D

    > firman : hayu atuh,.

  11. DeNiSE says:

    Taon baru 2007,gw ngerayain d puncak gn.sindoro..
    rencanany gw mow ngulang acara Taon Baruan d Gunung Lg!!Tp masih bingung mow k Gunung mN?gIe mN kLo Loe yG punya Hobby HIKING Taon Baruan d puncak..
    SeEEeRrrrUUu..BanGgEEeeTTtt..
    nanti qTa omongin TujuanNy kLo berminat aTo mow seru2an bareng calling2 gW d nope :
    021 99522206
    08816135433
    081511330822
    ajak2 gw kLo komunitas Lo mow hiking..
    THanx’s b4..
    _dNy_

  12. Hendra Lesmana says:

    [re=277]DeNiSE[/re]: wah seru tuh kayanya, dah lama ga menclok di sindoro, skalian triple S brow ~o)

    okay tar gwe kontek2 deh boz sip :)>-

  13. mahendra barudak cisarua says:

    woiiiii tq ya untk review nya

    salam dr cisarua-bogor

  14. Hendra Lesmana says:

    sama-sama bro, salam kenal juga ya :d

  15. sambis says:

    :d, wah, naik gunung nih, burangrang lagi. aku pernah kesana lho.. pokoknya keren lah. tapi tanjakannya gile bener curam abis, bagi yg merasa pendaki gunung harus nyoba tuh, gwa aja dah kesana 3x ( he_he)….
    oya, bagi yang pengen tau tentang informasi tenda silakan kontak link ini:
    http://www.tendaku.net | http://www.mrcamp.net;)