Gunung Merapi Meletus

Gunung Merapi Meletus: Merapi dengan ketinggian 2.950 Mdpl kali ini telah memasuki status Awas, tepatnya semenjak tanggal 25 Oktober. Aktivitas gunung berapi ini emakin terlihat beberapa hari belakangan. Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah sudah mengeluarkan material panas yang terlihat dari pos pengamatan Merapi di Kaliurang.

Gunung Merapi Meletus

Gunung Merapi

Menurut Surono, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, keberadaan magma Gunung Merapi tinggal 1 kilometer dari puncak. Tekanan itu menimbulkan deformasi (penggembungan) tubuh gunung yang setiap harinya mencapai 42 sentimeter. Sejak ditetapkan statusnya menjadi Waspada hingga Awas deformasi sudah lebih dari 2 meter.

Jumlah guguran lava sebelum 21 Oktober 2010 kurang dari 100 kejadian menjadi 194 kejadian pada 24 Oktober 2010. Meningkatnya jumlah guguran lava ini mengancam daerah di selatan hingga tenggara Merapi, yaitu Kabupaten Sleman dan Klaten, serta berpotensi menimbulkan awan panas.

Semoga saidara-saudara kita disana dalam lindunganNYA, dan semoga pihak-pihak terkait cepat tanggap dalam penanganan Gunung Merapi ini.

This entry was posted in Harian and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.
Gunung Merapi Meletus Diulas oleh Purwasuka Rating: 5

Comments are closed.