October 19, 2018

Point Penting Dalam Optimasi SEO Website

SEO merupakan hal yang menarik untuk dijalankan, karena melakukan optimasi website untuk bersaing di search engine merupakan tantangan tersendiri bagi seoers.

Begitu banyak teknik seo yang bertebaran di internet, mulai dari teknik seo yang memang benar-benar ampuh hingga mitos-mitos seo yang masih dipercaya dan dilakukan oleh sebagian netter…

Lalu apa sih sebenarnya kunci seo itu?
Apakah ada rahasia di dalamnya?
Apakah seo itu hanya bisa dilakukan oleh para master-master seo saja?
Apakah pendatang baru di dunia seo akan selalu kalah oleh para master-master seo?

Bagi saya sendiri seo merupakan hal yang cukup sederhana, yang membuat ribet adalah teori-teori dan teknik-teknik ‘nyeleneh’ yang terkadang justru malah menjerumuskan para pemula dalam seo, teori dan teknik yang terkadang malah justru merugikan si seoers itu sendiri.Point Penting Dalam Optimasi SEO Website

SEO menurut saya hal yang cukup mudah dan menyenangkan, baik pemula maupun master mendapatkan kesempatan yang sama dalam seo. Bagi saya pribadi kunci utama seo terdiri dari 4 hal, empat kunci seo yang selama ini saya gunakan dalam mengoptimasi website dan blog yang saya miliki, jika keempate ‘pondasi’ ini sudah kuat maka optimasi lainnya akan menjadi lebih mudah.

1. Website yang Berkualitas
Kunci yang utama dalam seo adalah website itu sendiri, website yang saya maksud dapat berupa murni website atau berbasis blog, forum dsb, tapi kuncinya adalah website tersebut mempunyai REPUTASI yang baik di mata search engine seperti misalnya website yang Anda miliki terindex dengan baik oleh mesin pencari, tidak terkena hukuman dari mesin pencari, memiliki Google Pagerank yang baik, Alexa Rank yang baik, cepat diakses dsb. Jika sisi internal website sudah bagus maka 3 lainnya akan lebih mudah dijalankan.

Buatlah website Anda selalu dibutuhkan, dibutuhkan dan terus dibutuhkan, jika website Anda adalah murni website yang menampilkan informasi secara statis (misalnya website profil perusahaan) maka postinglah informasi-informasi update terbaru mengenai perusahaan tersebut secara berkala, informasi lowongan pekerjaan, portofolio perusahaan dsb, namun jika berbasis blog maka buatlah konten yang fresh dan up to date sesuai dengan niche / topik blog Anda, hal ini dimaksudkan agar pengunjung website Anda selalu ‘kangen’ ingin kembali ke website Anda.

2. Konten yang Berkualitas
Setelah Anda memiliki website yang bagus maka selanjutnya adalah konten atau materi yang berada di dalam website itu sendiri, dalam hal ini saya fokus kepada artikel atau tulisan… buatlah konten yang benar-benar ditujukan kepada visitor Anda, bukan sampah yang hanya mengincar kata kunci tertentu, ingat! sekarang eranya Google Panda, jika Anda menyediakan konten-konten yang kurang atau bahkan tidak berkualitas sama sekali maka akan lebih sulit bersaing di search engine, khususnya Google.

Membuat konten yang berkualitas cukup mudah kok, ingat saja rumus “5W + 1H” sehingga pembaca tulisan di website Anda akan benar-benar mendapatkan informasi dari artikel tersebut, namun jika website Anda memiliki basis berbeda, misalnya website / blog berbasis website foto maka tentu optimasinya berbeda dengan tulisan, namun pada intinya adalah sediakan konten yang berkualitas, berguna bagi pengunjung website Anda dan buat mereka betah mengunjungi website Anda.

3. Kecepatan Posting Materi
Dahulu saya pernah menciptakan teknik seo berjudul “Teknik SEO Lebih Cepat Lebih Baik” di versi blog saya sebelumnya, yang pada kuncinya adalah untuk bersaing di mesin pencari maka Anda butuh kecepatan dalam memposting tulisan yang FRESH, hal ini berlaku khususnya pada website berbasis blog… sebagai contohnya misalnya saat ini kabar yang fresh alias segar adalah masuknya kembali film-film asing ke Indonesia setelah diblokir oleh pemerintah, nah salah satu film yang ditunggu-tunggu adalah film Harry Potter and Deathly Hallows: Part 2 yang merupakan edisi terakhir dari film Harry Potter. Selagi masih fresh maka Anda dapat mengambil keuntungan dari kabar ini, Anda dapat membuat resensi filmnya, opini Anda secara fair mengenai film ini dsb, dengan begitu Anda dapat ‘kecipratan’ traffic, terlebih lagi jika Anda sudah mempostingnya jauh-jauh hari dan saat beritanya sudah ‘hot’ maka peluang Anda menjadi lebih besar berada di 10 besar serp bahkan dapat menjadi juara 1 di serp.

Lalu bagaimana untuk website murni yang statis?
Konsepnya sama, yaitu CEPAT (dan tepat), misalnya ada sebuah bisnis online terbaru lahir di Indonesia, gunakan analisa apakah Anda ingin bergabung dengan bisnis online tersebut, jika ya maka secepat mungkin bergabung dan Anda dapat membuat website yang bertujuan untuk landing page atau dummy website untuk bisnis online tersebut, dengan begitu Anda sudah mendahului kompetitor Anda dan lebih lebih berpeluang untuk merajai serp lebih dahulu.

4. Tautan Balik yang Berkualitas
Tautan balik biasa dikenal dengan backlink, semakin berkualitas backlink yang website Anda dapatkan maka semakin bagus pula di mata search engine.

Bagi saya backlink yang berkualitas adalah backlink yang berasal dari website yang berkualitas, yaitu website ATAU halaman website yang memiliki pagerank + materi yang sama dengan konten, ingat! salah satu kunci backlink adalah RELEVANSI, semakin relevan sumber backlink dan halaman tujuan backlink maka semakin bagus.

Keempat hal di ataslah (saya singkat menjadi: WKKT) yang menurut saya merupakan kunci seo, memang masih banyak faktor lainnya seperti hosting, frekuensi update, keyword density dsb namun hal tersebut bukanlah poin dasarnya 🙂 Nah ada 1 pertanyaan lagi yang belum terjawab, yaitu “Apakah ada rahasia dari seo?”, rahasia atau bukan adalah berdasarkan pengalaman pribadi Anda sendiri, karena seo butuh pengalaman, ketika Anda belum mengenal salah satu teknik seo maka akan terkesan ‘rahasia’ namun jika sudah mengetahui maka bukanlah lagi rahasia bagi Anda… karena memang seo butuh pengalaman, dan setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam seo, bahkan berbeda website / blog berbeda pula teknik optimasinya… dan itulah yang membuat seo lebih menarik… 🙂

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *